top of page
Search

5 Jenis Kue yang Sering dijadikan Kue Ulang Tahun

Updated: Oct 15, 2021

Kue ulang tahun atau birthday cake merupakan kue yang disajikan saat perayaan hari ulang tahun. Biasanya kue ulang tahun berupa kue tart yang dihiasi dengan nama seseorang, pesan selamat, dan lilin yang dihidupkan untuk ditiup oleh yang akan berulang tahun.



Kue ulang tahun sendiri sudah ada sejak zaman Romawi kuno dan dibuat dengan bentuk bulat dengan bahan tepung, ragi, kacang, dan pemanis alami dari madu. Lalu, pada abad ke-17, kue ulang tahun mulai dihias dengan berbagai layer dan diberikan dekorasi topping yang sangat menarik.


Nah, di Indonesia ada lima jenis kue yang sering dijadikan saat perayaan ulang tahun, nih! Apa saja, ya? Yuk, kita lihat disini!


1. Blackforest


Jenis kue satu ini merupakan kue yang berasal dari Jerman, yang mana dibuat dari tepung terigu, telur, margarin, dan coklat bubuk sehingga warnanya menjadi coklat gelap.


Ciri khas dari blackforest ini ada pada krim segar, serutan coklat hitam, dan manisan ceri yang dijadikan sebagai topping-nya. Dan parutan coklat hitam yang ada diatasnya membuat kue ini dinamakan blackforest alias hutan hitam.


Walaupun blackforest termasuk dalam kue klasik, namun hingga saat ini masih banyak orang yang lebih memilih blackforest sebagai kue ulang tahun yang paling disukai.


2. Rainbow Cake


Siapa yang tidak tahu dengan kue satu ini? Rainbow Cake yang sempat hit beberapa tahun lalu, namun masih sering dijadikan sebagai kue ulang tahun. Dinamakan Rainbow Cake karena kue ini memiliki banyak lapisan, dimana setiap lapisannya memiliki warna yang berbeda-beda seperti pelangi.


Untuk pembuatan Rainbow Cake ini juga cukup sulit, namun rasa dari kuenya sangat unik, loh. Tidak lupa bagian luarnya diberikan hiasan krim berwarna putih. Cakep banget, deh!


3. Red Velvet


Seperti kue sebelumnya, Red Velvet juga berasal dari Jerman. Kue ini muncul pada saat perang dunia kedua, yaitu sekitar tahun 1940-an. Walaupun berasal dari Jerman, tapi kue ini lebih populer di Amerika Serikat. Warnanya yang merah merona menjadi daya tarik utama kue ini.


Selain itu cita rasanya juga sangat unik karena memiliki rasa yang asam, gurih, dan manis yang menjadi satu karena ada campuran cream cheese pada olesannya. Red Velvet ini mulai disukai sebagai kue ulang tahun di Indonesia sejak beberapa tahun belakangan ini.


Red Velvet ini cocok banget dijadikan sebagai pengganti kue stroberi kamu, deh.





4. Chocolate Cake


Biasanya, kue ulang tahun memang identik dengan segala sesuatu yang manis, termasuk kuenya. Nah, Chocolate Cake ini sering menjadi pelengkap hari ulang tahun siapapun, mulai dari yang masih anak-anak hingga lansia sekali pun.


Proses pembuatan dari Chocolate Cake ini menggunakan dua jenis coklat sebagai bahan bakunya, yaitu coklat bubuk dan coklat batangan. Saat kue sudah matang, kue akan diberi isian selai coklat atau ganache, sebelum akhirnya disiram dengan coklat leleh. Yang mana rasanya, sudah pasti creamy dan coklat banget.


5. Cheese Cake


Jenis kue satu ini dibuat oleh masyarakat Yunan, namun kue ini justru lebih popuer di Jepang. Kue keju atau biasa disebut Cheese Cake ini memiliki tekstur lembut dan lumer saat disantap. Sesuai dengan namanya, Cheese Cake dibuat dari bahan baku keju krim, keju mascarpone, dan keju ricotta yang dicampur dengan susu dan telur yang dipanggang hingga matang.


Sementara pada bagian bawah kue ini diberi remahan roti dan kacang yang dihancurkan, dan pada bagian atas diberi hiasan gelatin serta aneka buah segar saat sudah matang.


Nah, kalau Jofiers lebih sering membeli kue ulang tahun jenis apa, nih? Kalau masih bingung, Jofiers bisa datang langsung ke Jofie Bakery yang tersedia berbagai jenis kue. Mulai dari Red Velvet, Blackforest, Kue Tart, hingga Mousse Cake. Pilih kue ulang tahun sesuai kesukaan kamu, ya!


2,329 views0 comments

Comments


bottom of page